Selasa, 27 September 2011

Aku bangga berbahasa Indonesia


Apakah bahasa mempengaruhi perilaku manusia?
Sebelum kita membahas apakah bahasa itu dapat mempengaruhi perilaku manusia mari kita pelajari apakah bahasa itu dan fungsinya??
Pengertian bahasa:
Sepengetahuan saya tentang bahasa iyalah salah satu alat komonikasi antar manusia ,banyak sekali macam gaya bahasa,mulai dari suara dari mulut,gerakan tangan,lukisan,bunyi gendang dll.tetapi gaya bahasa yang paling kuat adalah dengan menggunakan suara dari mulut kita karena jauh lebih luas dan kompleks daripada dengan menggunakan media yang lain. Bahasa punya mempunya fungsi yaitudalam sehari-hari kita berkomonikasi yang sering kita gunakan adalah lisan maupun tulisan.
Dengan menggunakan Lisan yang sangat praktis menyebabkan kita tidak teliti dengan berbahasa dengan baik dan benar akibatnya kita mengalami kesulitan saat akan menggunakan bahasa tulis atau yang lebih teratur.Pada saat kita menggunakan bahasa yang lebih teratur kita cenderung lebih kaku.karena kita lebih sering berbahasa yang tidak teratur, Kita akan berbahasa secara terbata-bata atau mencampurkan bahasa asing padahal bahasa bersifat luwes,contohnya orang-orang politik pandai sekali berbicara melalui bahasa karena dia terus belajar menggunakan bahasa yang baik.
Selaian bahasa itu sebagai alat komunikasi,berfungsi pula sebagai alat integrasi dan adaptasi social.ketika beradaptasi di suatu lingkungan social tertentu,kita akan menggunakan bahasa sesuai situasi dan kondisi yang ada di lingkungan tersebut dan kita akan menggunakan bahasa berbeda kepada orang yang berbeda,contohnya kita menggunakan bahasa sehari-hari kepada teman-teman kita,berbeda dengan saat berbicara kepada orang tua,guru atau yang lebih tua dari kita yang kita hormati.
Disamping itu bahasa sebagai alat kontrol social,kontrol social dapat kita terapkan pada diri sendiri.adapun banyak alat sebagai kontrol social lainnya,yaitu dari buku-buku pelajaran yang kita pelajari di sekolah,kampus atau melalui mendengarkan ceramah dan dakwah di sekitar kita,selain itu kita secara tidak langsung sering menerapkan bahasa sebagai alat kontrol social yaitu dengan menyimak atau mendengarkan acara berbincang-bincang di televisi atau radio yang sering kita dengarkan.semua itu merupakan kegiatan berbahas untuk kita agar mendapatkan berbahasa yang lebih baik lagi.
Dari pembicaraan di atas tentang bahasa pasti anda telah mengerti jika anda membacanya dengan cermat,hehehe,,,Tidak di sadari kita telah sudah belajar tentang berbahasa walau kita sering tidak menggunakan bahasa yang baku,sekarang kita mempelajari apakah bahasa itu mempengaruhi perilaku manusia?
Menurut saya, bahasa  itu bisa mempengaruhi perilaku manusia dan bisa juga tidak mempengaruhi perilaku manusia. Pada dasarnya yang mempengaruhi perilaku manusia itu bukan hanya dari bahasa tetapi dari adat,emosi dan lingkungan.sebab banyak sekali gaya bahasa atau adat yang ada di lingkungan kita,ada betawi,batak,sunda,dll.salah satu contoh bahasa batak yang kita sering temukan atau kita dengar,ketika orang tersebut berbicara pasti dia berbicara dengan nada yang kencang atau nyaring sehingga saat dia berbica kita merasa dia sedang marah padahal tidak sama sekali.
Ada juga bahasa dapat mempengaruhi perilaku manusia,yaitu seseorang berbicara pasti banyak penilai-penilaian yang kita dapat,dengan gaya bahasa yang baik kita akan mendapatkan nilai yang baik pula yang kita dapat contohnya ketika ingin mendapatakan pekerjaan,ketika saat kita melamar pekerjaan pasti kita di tuntut dapat menggunkan bahasa Indonesia dengan baik dan benar secara lisan atau tulisan,jika kita tidak kita akan sulit mendapakan pekerjaan.
Dalam sehari-hari kita sering sekali atau banyak sekali orang menilai dari bahasa kita,karena dengan berbicara kita dapat melihat atau menilai perilaku orang tersebut,orang yang berbicara kasar biasanya perilakunya juka kasar karena dari lisan kita sudah mengetahui perilaku orang tersebut,dari gaya bahanya kita sudah dapat menilai bagaimana orang tersebut.oleh Karen itu juka kita ingin ddi nilai berperilaku baik bicaralah dengan bahasa yang baik dan benar,tidak mesti baku,cukup sopan saja kita dapat mendapakan perilaku yang baik.
Pentingnya Bahasa Indonesia Dalam Kehidupan Bermasyarakat
Bahasa Indonesia itu sangatlah penting bagi kita,karena kita sendiri orang Indonesia,sejak dari lahir kita pasti sudah di ajarkan berbahas Indonesia meskipun Indonesia adalah mempunyai ribuan pulau dan Bergam bahasa tetapi kita memiliki bhenika tungal ika yang artinya walau kita berbeda bahasa dan budaya tetapi kita tetap satu.ada beberapa daerah yang tidak mengutamakan bahasa Indonesia tetapi ketika duduk di bangku sekolah pasti kita akan mendapatkan pelajaran bahasa Indonesia,bahakan samapi perguruan tinggi punya kita pasti akan menemukan pelajaran tersebut.
selain itu bahasa Indonesia sangatlah penting karena bahas Indonesia adalah bahasa resmi Negara Indonesia dan dapat menjadi suatu komonikasi antar warga Indonesia dan kita harus menggunakannya dengan baik dan benar agar tetap terjaga.
Kita hidup pasti sering sekali berhadapan langsung dengan manusia, yang kita kenal maupun orang-orang di sekeliling kita yang tak kita kenal.dalam sehari-hari kita pasti akan menggunakan kata-kata untuk menyamapaikan sesuatu kepada orang lain dengan cara berbicara,oleh karena itu pentingnya bahasa dalah kehidupan sehari-hari kita dapat berkomunikasi kepada sesama manusia yang ada di sekitar kita.
peran bahasa Indonesia di jaman sekarang sangat penting,kenapa? Karena di jaman sekarang banyak sekali setsiun tv yang sudah banyak sekali sinetron yang di tayangkan yang belum tentu menggunakan bahasa Indonesia yang baik,seperti kata kamu jadi “lo” , saya jadi “gue”.padahal kata tersebut adalah bahasa yang berasal dari daerah Betawi.maka itulah pentingnya peran bahasa Indonesia,karena dengan adanya bahasa Indonesia kita dapat belajar berbicara yang lebih baik lagi dan benar.
Oleh karena itu Negara Indonesia mempunya raga bahasa yang cukup bervariasi,ragam bahasa ialah varian dari sebuah bahasa menurut pemakaiannya. Berbeda dengan dialek yaitu varian dari sebuah bahasa menurut,aksen,laras atau berbagai variasi sosiolinguistik lain,termasuk variasi bahasa baku itu sendiri.
Adapun ragam bahasa ada beberapa jenis,yaitu
*Ragam bahasa undang-undang
Contoh: UUD 1945
*Ragam bahasa jurnalistik
Contoh: Koran dan majalah
Berdasarkan media pembicaraan,ragam bahasa di bedakan atas:
1. Ragam lisan yang antara lain meliputi:
-Ragam bahasa cakapaan
-Ragam bahasa pidato
-Ragam bahasa kuliah
-Ragam bahasa panggung
2. Ragam tulis yang antara lain meliputi:
-Ragam bahasa teknis
-Ragam bahasa undang-undang
-Ragam bahasa surat
Menurut saya ragam bahasa adalah suatu perbedaan cara bicara maupun bahasa yang di gunakan tapi tetap satu arti atau tujuan. Disini kita dapat mengetahui setelah kita berbicara dari mana asal usul orang yang kita ajak bicara,yang tadi tidak tahu menjadi tahu,yang tau menjadi lebih tahu.

Nama: Mirda Adisuma
                                                                                                                                      Npm: 14109440
                                                                                                                               Kls: 3 ka 13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar